Beranda Headline 2019 MotoGP Akan Ada Kelas Elektrik Bike

2019 MotoGP Akan Ada Kelas Elektrik Bike

BERBAGI

Balap kendaraan listrik sukses dihajat di event Isle of Man TT Zero. Bahkan sudah ada balap formula elektrik bernama Formula E. Bahkan kini MotoGP mulai melirik kelas elektrik untuk dijadikan salah satu kelas di MotoGP.

Nampaknya kelas baru tersebut mendapat perhatian serius dari Dorna selaku penyelenggara MotoGP. “Kelas elektrik akan mengisi kelas MotoGP mulai tahun 2019,” terang Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Agni Motors’ electric superbike sudah rajin turun TTZGP race di Isle of Man

Walaupun sudah disetujui, nantinya kelas elektrik ini tidak dihajat pada seluruh seri. Di awal akan hadir 5 seri khusus untuk seri Eropa saja.

Karena masih diawal, akan diberlakukan single supplier mesin elektrik. Siplier akan menyediakan 18 unit mesin. Namun soal rangka masih belum diketahi siapa yang akan menyuplai, apakah masing-masing tim atau langsung dari penyuplai mesin.

Mugen dengan motor Shinden Roku, turun balap motor elektrik sejak 2012

Mesin elektrik ini memiliki top speed hingga 200 km/jam dan dalam sekali charging bisa untuk memutari 10 lap.

Yang unik, sistem chargingnya akan menggunakan tenaga matahari. “Kami tidak ingin seperti event lainnya. Sistem charging masih memakai generator. MotoGP akan memakai charger tenaga matahari,” lanjut Carmelo. Bintang

Facebook Comments